7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Keluarga Lebih Harmonis

7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Keluarga Lebih Harmonis

7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Keluarga Lebih Harmonis – Memiliki tubuh yang bugar dan sehat merupakan keinginan semua orang, tak sedikit orang saat ini yang usianya masih muda tetapi rentan oleh berbagai macam penyakit.

Penyakit itu biasanya datang tanpa sepengetahuan kita, oleh sebab itu ada baiknya apabila anda menjaga tubuh anda sejak saat ini, tak peduli jika saat ini anda sedang baik-baik saja atau dalam kondisi sehat sebab penyakit bsa datang sewaktu-waktu.

Oleh sebab itu anda tidak boleh terlalu meremehkan atau menyia-nyiakan wkatu yang seharusnya anda gunakan untuk memahami kesehatan tubuh anda.

Ada banyak faktor yang dapat memepengaruhi kesehatan tubuh seseorang salah satunya ialah stress dan pola makan yang tidak teratur. Stres terkadang muncul ketika tubuh sedang ada dala kondisi kelelahan akibat aktifitas yang terlalu banyak sehingga anda kekurangan waktu ntuk istirahat.

Selain istirahat anda juga perlu mengatur pola makan anda agar kondisi tubuh anda tetap stabil, perbanyak minum air putih atau mineral agar tidak dehidrasi.

7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Pentingnya anda menjaga kesehatan tubuh anda dikarenakan tubuh yang sehat kunci dari keluarga bahagia, coba bayangkan saja apabila dalam satu rumah ada keluarga anda yang sedang sakit pasti suasana di dalam rumah menjadi tidak seperti biasanya, bisa jadi mungkin akan terdapat selisih antar anggoa keluarga yang satu dengan yang lainnya.

Oleh sebab itu agar keluarga anda tetap bahagia akan lebih baik jika anda bersama-sama membangun visi dan misi untuk hidup sehat agar tercipta suatu keluarga yang harmonis dan bahagia.

Menerapkan gaya hidup sehat sejak dini merupakan hal yang sangat baik, sebab arahan atau pendidikan kepada anak memang harus dilakukan sejak anak usia balita, dimana anak-anak akan lebih mudah merekam apa yang dikatakan oleh kedua orang tuanya dan nantinya akan menjadi bekal dikemudian hari seiring pertumbuhan dan perkembangan sang anak.

Ada pepatah yang mengatakan anda bisa karena biasa, hal tersebut dapat anda terapkan dalam mendidik anak-anak anda sejak dini. Sesuatu yang dilakukan secara terus menerus dan berangsur-angsur rutin dapat membuat anak-anak anda terbiasa melakukannya.

Jika anda sudah biasa sejak dini mendidiknya dengan gaya yang hidup yang sehat maka bekal yang sudah mereka terima sejak dini akan di terapkan sampai nanti mereka deewasa.  

  • Rajin berolahraga

Luangkan waktu anda sekitar 30 menit dalam sehari untuk berolahraga, terlebih lagi apabila anda bisa berolahraga bersama anggota keluarga yang lainnya. Dengan demikian keluarga akan menjadi kompak dan semakin bersemangat ntuk mejaga kebugaran tubuh

  • Luangkan waktu untuk berlibur

Liburan merupakan suatu yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang, apalagi jika orang tersebut setiap harinya mengerjakan aktifitas yang berat dan sangat banyak. Tentu kondisi tubuh akan terasa sangat lelah dan membuat tingkat stress seseorang menjadi meningkat.

Oleh sebab itu apabila anda memiliki waktu luaang lebih baik anda menggunakan waktu tersebut untuk berlibur dengan keluarga dengan tujuan agar pikiran, otak dan tubuh anda menjadi fres atau kemablai bugar dan bersemangat untuk menyambut hari baru.

Selain dapat mengurangi stress liburan bersama keluarga akan membuat suasana rumah tangga menjadi damai dan harmonis

  • Hidup santai dan tidak terlalu parno

Sifat dari setiap orang memang berbeda-beda, namun ada baiknya jika anda tidak membawa semua beban anda sendirian, jika anda merasa memiliki beban yang begitu berat sebaiknya anda berbagi dengan anggota keluarga anda bang kali ada solusi dari permasalahan yang anda alami.

Selain itu juga jangan terlalu parno atau gugup agar anda dapat teap santai dan dapat mengontrol emosi anda. Sebab apabila seseorrang sudah terbiasa untuk terburu-dan gugup semuanya akan menjadi kacau dan akan membuat level stress seseorang menjadi meningkat.

Untuk menghindari kebiasaan yang sering kita lakukan memang sulit, tetapi tidak ada salahnya apabila anda mencoba untu hidup lebih selow agar semuanya dapat berjalan saling beriringan dan hubungan antar anggota keluarga juga lebih dekat dikarenakan saling berkomunikasi dan berbagi kisah keseharian.

  • Sikat gigi secara teratur

Mengajari si buah hati anda dengan menyikat gigi secara teratur minimal 2 kali sehari. Walaupun biasanya si kecil sangat susah apabila diajak untu menyikat giginya tapi anda perlu belajar trik khusus agar si buah hati menjadi lebih bersemangat etika sikat gigi.

Seperti contohnya anda memberikan sikat gigi yng berbentuk lucu atau sesuai dengan kartun kesukaan si buah hati, selain itu juga dapat anda ptarkan lagu atau music kesukaanagar ia menjadi lebih bergembira ketika sedang menggosok gigi.

Tidak hanya itu saja anda juga bisa menerapkan cara lain sperti misalnya mengundang ahli eksehatan untuk mngajarinya secra langsung dnegan demikian biasanya si kecil menjadi lebih terarahkan dengan baik.

  • Mengurangi kebiasaan minum manis ketika menjelang tidur

Miuman manis akan membuat gigi si kecil mudah berlubang, sebab sisa minuman atau makanan manis akan menempel pada gigi dank an mengakibatkan gigii mudah berlubang dan kemudian menimbulkan sakit gigi.

Oleh sebab itu hindari kebiasaan tersebut, jika anak anda haus biasakan memberinya minum air putih saja dan katakana kepadanya bahwa minum yang manis-manis ketika menjelang tidur akan mengundang kuman menggerogoti giginya.

  • Jaga kebersiahan kukunya

Biasankan untuk membersihkan kuku si buah hati, sebab kotoran pada kuku akan menjadi mala petaka atau sumber penyakit. Kotoran pada kuku bisa saja masuk kedalam mulut sembari ia menggit tangannya atau ketika ia memasukkan makanan pada mulutnya.

Kemudian kotoran tersebut akan masuk kedalam perut dan akan mengakibatkan diare pada si kecil. Lsebaiknya anda membersihkan kuku anak anda secara rutin sebelum mandi atau ketika mandi, agar sesudah ia mandi semuanya dalam keadaan bersih lakukan hal tersebut berulang kali. Sampai pada akhirnya nanti ketika mereka sudah paham si kecil akan melakukannya sendiri.

  • Biasakan keramas minimal 2 hari sekali

Rambut anak-anak terlebih lagi ketika masih seusia balita biasanya termasuk ke dalam masa subur. Oleh sebab itu sebaiknya anda lebih rajin membersihkan atau meminta si kecil untuk keramas minimal 2 hari sekali, biasanya rambut balita akan lebih mudah kotor dan berkeringat.

Balita sering kali melakukan kegiatan atau bermain demana yang akan mengakibatkan munculnya keringat berlebih dan kotoran pada rambutnya, karena kegiatan yang mereka lakukan biasanya seperti bermain pasir atau mainan lainnya yang gampang menempel pada rambut.

Demikian tips untuk memiliki tubuh sehat tetapi juga memiliki hubungan yang harmonis dengan keluarga, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Klik Chatt Disini
081.626.8997
Terhubung Dengan Admin 081.626.8997
Powered by