Ciri Anak Sehat Menurut Dokter

Ciri Anak Sehat Menurut Dokter

Bionerve.id | Update Info Kesehatan Bio Nerve. Anak sehat sangat penting dalam keluarga. Yang pastinya semua kita sebagai Ibu dan ayah yang memiliki buah hati, mengnginkan agar anak selalu sehat. Mulai sejak dalam janin, bayi baru lahir, sejak kanak-kanak (anak), remaja bahkan sampai tumbuh dewasa. Ada beberapa Ciri Anak Sehat Menurut Dokter yang kami rangkum di artikel ini.

Perlu diketahui, Inilah Ciri-ciri Anak Sehat Menurut Dokter

Khadijah, Anak sehat
Khadijah, Anak sehat: Foto asli anak saya hehe..

Ada banyak hal yang perlu anda ketahui mengenai ciri-ciri anak yang sehat jasmani dan rohani, keduanya memiliki porsi yang begitu penting karena berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak anda kedepannya.

Tidak semua orang tua mau memperhatikan kedua kesehatan anak mereka, ini menjadi masalah yang sampai saat ini seringkali terjadi. Secara umum, orang tua selalu menginginkan anak mereka bisa tumbuh sehat baik jasmani dan rohani, sehingga tidak heran jika ada banyak cara yang dilakukan agar anak benar-benar tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang kita harapkan sebagai orang tua.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci kepada anda semua khususnya orang tua yang ingin mengetahui seperti apa ciri-ciri anak yang sehat secara jasmani maupun rohani. Dari sini kita akan tahu bahwa pola hidup anak bisa mempengaruhi daya kembang mereka dari hari ke hari, biasakan juga untuk selalu memberikan asupan bernutrisi agar anak benar-benar bisa tumbuh dewasa dengan fisik yang kuat dan mental yang sehat. Mari kita bahas informasinya.

Ciri-ciri Anak Yang Sehat Baik Secara Jasmani Maupun Rohani

Ada dua hal parameter jika anak disebut sehat jasmani dan rohani, berikut ini adalah pembahasan dari keduanya.

Ciri anak Sehat Jasmani

  • Selalu melakukan kegiatan fisik

Ciri pertama yang dapat terlihat dari seorang anak yang sehat jasmani itu selalu melakukan kegiatan fisik yaitu bergerak terus menerus setiap harinya. Contoh saja untuk anak yang sudah berumur 5 tahun keatas mungkin akan lebih aktif dibandingkan anak lainnya, biarkan saja mereka aktif bergerak karena hal itu bagus untuk kesehatan tulang dan organ pada anak anda dengan catatan selalu diawasi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ajak anak anda sekali-kali berolahraga seperti lari, berjalan, berenang ataupun naik sepeda, hal positif seperti ini akan membuat fisik anak lebih kuat dan tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit. Selain itu juga, anak yang suka bergerak aktif lebih percaya diri, konsentrasi lebih baik, mudah berbaur dan mudah untuk bekerjasama dengan teman yang lainnya.

  • Pertumbuhan yang baik

Kemudian ciri kedua jika anak itu sehat jasmani adalah mengalami tumbuh kembang yang baik. ciri yang paling terlihat adalah dari tinggi dan berat anak anda tumbuh secara proporsional. Biasanya anak yang memiliki tumbuh sehat akan terlihat pada masa purbertas yaitu diumur 9 – 14 tahunan, kemudian pada anak perempuan akan mengalami pubertas di umur 10 – 14 tahun.

  • Fisik yang sehat dan kuat

Selanjutnya ciri lain yang bisa anda ketahui dari anak yang sehat secara jasmani adalah terlihat dari ciri fisik mereka yang terlihat kuat. Rambut yang sehat, kulit yang cerah, bola mata yang cerah dan kulit kepala tidak berkutu. ciri lain yang bisa anda lihat pada anak anda mulai dari mulut yang tidak berbau, lidah warna pink dan gigi tidak berlubang.

Itulah beberapa ciri-ciri yang perlu anda ketahui mengenai anak yang sehat secara jasmani, tidak banyak orang tua yang tahu bahwa anak sehat jasmani itu terlihat dari 3 ciri yang sudah kami sampaikan di atas. Mungkin saat ini anda bisa memantau perkembangan anak anda sesuai dengan ciri-ciri yang sudah anda baca.

Ciri-ciri Anak Sehat Secara Rohani

Selanjutnya ciri sehat secara rohani untuk anak anda bisa terlihat dari cara mereka berkata-kata, cara mereka berdoa, sikap dan mental kepribadian. Perkembangan seperti akademik juga menjadi faktor penting dalam mencapai keberhasilan mendidik anak. Kesehatan mental juga bisa terlihat dari cara anak memandang kehidupan mereka dengan lingkungan yang ada di masyarakat. Berikut ini adalah ciri-ciri anak secara rohani, diantaranya adalah :

  • Mudah untuk bergaul

Anak yang sehat secara rohani akan terlihat dari cara mereka bergaul dengan teman-teman sebaya atau teman lain yang berbeda umur. Anak yang sehat secara rohani bisa berkembang dengan hidup sosial bersama lingkungan masyarakat, yang berarti tidak apa-apa mengandalkan orang tua. Jika anda melihat anak-anak bermain, biarlah saja mereka dengan catatan bermain dalam hal yang positif. Anak yang bermain dengan teman sebayanya menunjukkan perkembangan mental dan sosial mereka secara terbuka.

  • Mudah untuk belajar

Selain perkembangan mental, tingkat konsentrasi dan fokus yang tinggi dalam belajar merupakan salah satu ciri yang bisa dikatakan seorang anak memiliki kesehatan rohani yang baik. Belajar dalam melatih konsentrasi mereka dengan pertanyaan-pertanyaan dan kebiasaan yang baik agar anak bisa berkembang dan tumbuh dewasa menjadi anak yang mudah untuk berkonsentrasi dalam menghadapi berbagai hal.

  • Selalu ceria dan percaya diri

Ciri lain yang bisa anda ketahui dari anak yang sehat secara rohani terlihat dari cara mereka berbicara, emosi dan tingkat kepercayaan diri. Contoh saja anak yang selalu ceria dan percaya diri merupakan ciri anak yang sehat secara rohani karena mereka bisa menerima semua keadaan sesuai dengan penalaran yang mereka ketima.

Contoh bermain dengan teman sebaya menurut mereka adalah sesuatu yang menyenangkan sehingga selalu ceria, nah dampak positif jika anak bisa berteman dengan banyak orang maka akan meningkatkan rasa percaya diri mereka untuk tampil di depan umum seperti contoh mengikuti pentas seni, lomba dan lain sebagainya. Anda sebagai oran tua harus selalu mendukung apa yang anak anda lakukan sehingga bisa menjadi pribadi yang selalu ceria dan percaya diri.

  • Emosi yang stabil

Terakhir ciri anak yang sehat secaar rohani juga terlihat dari kontrol emosi mereka yang cukup baik, sebagai contoh anak tida mudah sekali emosi ketika berbicara dengan orang tua, selalu sopan terhadap yang lebih tua mulai dari tata krama, sopan santun berbicara dan bagaimana cara mereka menghargai pendapat orang lain. Emosi yang stabil juga penting bagi perkembangan tumbuh anak, anak yang mudah sekali emosi akan selalu stress dengan keadaan yang tidak berat sekalipun. Contoh anak yang memiliki emosi yang stabil itu jarang terlihat sedih, tidak mudah naik darah dan tidak mudah marah.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui sebagai orang tua yang ingin tahu ciri-ciri anak yang sehat secara jasmani dan rohani. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan sebagai orang tua agar perkembangan anak lebih sehat, cara yang pasti adalah konsumsi makanan yang bernutisi tinggi.

Kami juga menyediakan obat herbal yang bagus untuk perkembangan jasmani dan rohani anak, produk K-Kids dari K-Link mampu memberi banyak manfaat penting untuk kesehatan dan kreatifitas anak anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *